Rabu, 18 Juli 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru UKG 2012

Tes Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2012 tinggal beberapa hari lagi, bagi anda bapak ibu guru yang sedang mencari informasi tentang tes ini silahkan simak baik-baik postingan kami kali ini. Semoga bermanfaat...

Tentang Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012


Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2012 ini akan diikuti oleh sekitar satu juta guru dari berbagai jenjang pendidikan formal mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA sederajat. Uji kommpetensi yang ditujukan kepada guru bersertifikat ini dilakukan untuk memetakan kompetensi guru guna menilai kinerja sebagai pegangan awal bagi pembinaan yang lebih lanjut bagi guru bersertifikasi.

Uji kompetensi ini rencananya akan dilaksanakan secara bertahap mulai Juli sampai September 2012 ini. Uji kompetensi guru bersertifikat ini pertama kali akan dilaksanakan bagi guru SMP, kemudian UKG akan dilanjutkan bagi guru TK, SD, lalu SMA/sederajat hingga akhir September 2012 nanti.

Meskipun sempat mendapatkan hambatan berupa ancaman boikot dari beberapa organisasi guru, Uji Kompetensi Guru (UKG) dipastikan akan tetap dilaksanakan. Para guru sebenarnya tidak harus khawatir dengan uji kompetensi ini karena memang hanya berfungsi untuk memetakan kualitas dan kinerja guru dan sama sekali tidak berhubungan dengan pembayaran tunjangan profesi guru.

Akan ada empat aspek yang dinilai dalam uji kompetensi ini, antara lain kompetensi pedagogik, profesionalitas, kepribadian, serta kemapuan sosial yang akan dinilai secara berkala oleh kepala sekolah, guru senior, dan pengawas.

Download Soal dan Kisi-Kisi Uji Kompetensi Guru


Bagi bapak/ibu guru yang sedang mencari kisi-kisi dan contoh soal UKG, bisa didownload di link yang telah saya sediakan di bawah ini. File yang akan anda download ini sudah berisi berbagai macam mata pelajaran, mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Biologi, PKn, Matematika, BK, Penjas, Seni Budaya, IPA, IPS, Guru SD, Guru TK, serta mapel lain untuk semua jenjang pendidikan.




Demikian informasi mengenai Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2012 kali ini, jika ada kesulitan atau pertanyaan saat mendownload file-file di atas, saya persilahkan untuk disampaikan di kotak komentar. Semoga dengan adanya postingan ini bapak/ibu guru semua bisa terbantu untuk mempersiapkan Uji Kompetensi (UKG) yang tinggal menunggu hitungan hari ini dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar