Minggu, 30 September 2012

Contoh Proposal Penelitian Kesehatan

Proposal adalah rancangan kerja atau kegiatan yang diajukan kepada orang atau instansi tertentu dengan maksud agar mendapat izin atau persetujuan terkait dengan kegiatan yang dimuat dalam proposal tersebut. Proposal tak jarang juga diajukan untuk meminta bantuan dana. Karena fungsinya tersebut, isi proposal haruslah meyakinkan dan masuk akal sehingga pihak penerima proposal akan menyetujui rencana-rencana kerja yang diajukan. Untuk itu, proposal yang baik harus berisi bagian-bagian sebagai berikut.
  • Latar Belakang Masalah (Pendahuluan). Berisi alasan-alasan yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan yang diajukan dalam proposal. Latar belakang masalah juga menunjukkan akan pentingnya suatu masalah untuk segera diselesaikan dan menawarkan solusinya.
  • Tujuan. Menguraikan tentang target-target yang akan dicapai sehubungan dengan diadakannya suatu kegiatan atau acara.
  • Peserta. Berisikan jumlah, latar belakang, serta rincian lain mengenai peserta yang akan mengikuti acara atau kegiatan.
  • Pelaksana Kegiatan. Berisikan keterangan mengenai instansi/ lembaga pelaksana kegiatan. Bagian ini juga berisi susunan kepanitiaan.
  • Jadwal Kegiatan. Sesuai namanya, bagian ini berisikan keterangan waktu dan tempat suatu kegiatan serta urutan acaranya.
  • Anggaran. Berisikan rincian biaya yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan suatu kegiatan. Bagian ini kadang juga berisi permohonan bantuan dana serta jumlah iuran yang harus dikeluarkan oleh peserta kegiatan.
  • Penutup. Berisi kesimpulan dan harapan terhadap proposal yang diajukan. Bagian ini juga mencantumkan tanggal dan tempat penyusunan proposal, tanda tangan, serta nama terang penanggung jawab proposal.
Yang perlu diingat adalah bahwa bagian-bagian proposal diatas tidaklah bersifat baku, jadi semua bagian-bagian proposal tersebut bisa dikurangi atau ditambah dengan bagian-bagian lain sesuai kebutuhan.

Daripada malah kebanyakan teori, berikut akan langsung saya sampaikan contoh proposal tentang penelitian kesehatan. Proposal ini sebenarnya bukan buatan saya sendiri, melainkan buatan salah satu teman yang namanya telah saya cantumkan. Jadi jika ada yang mau menyalin, mohon salinlah secara bijak dan hargai pembuat aslinya.
I. Latar Belakang Masalah

Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular paling berbahaya di dunia. Sebuah riset menunjukkan bahwa setiap tahun, terdapat sekitar 12 juta warga dunia terserang kanker dimana 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Di Indonesia sendiri, kanker merupakan penyebab kematian nomor tujuh atau sekitar 5.7 persen dari seluruh penyebab kematian di Indonesia. Hal ini berarti bahwa pada setiap 1000 orang, terdapat empat orang yang menderita kanker.

Kanker sendiri disebabkan karena pembelahan sel-sel tubuh yang tidak terkendali sehingga menyebabkan munculnya sel kanker. Pada perkembangan selanjutnya, sel-sel kanker ini akan menginfeksi jaringan-jaringan biologis disekitarnya baik melalui pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis).

Obat kanker sampai sekarang memang belum ditemukan, oleh karena itu kita harus bisa mencegah datangnya kanker. Cara mencegah kanker bisa kita mulai dengan cara membiasakan pola hidup sehat. Selain itu, ada sebuah bahan herbal yang dipercaya dapat mencegah datangnya kanker, yaitu mahkota dewa. Mahkota dewa sendiri mengandung beberapa zat atau senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga bukan tidak mungkin jika mahkota dewa bisa dijadikan salah satu bahan alternatif pencegah kanker.
Download Selengkapnya ==> DISINI <==

Berhubung contoh proposalnya terlalu panjang jika diposting di blog ini, jadi hanya saya cantumkan cuplikan proposalnya saja yaitu pada bagian latar belakang. Bagi yang mau melihat seutuhnya, silahkan di download sendiri di link dari ziddu yang sudah saya sediakan diatas. Jika link downloadnya rusak atau kalau ada masalah lainnya, jangan ragu untuk menyampaikan di kotak komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar