Minggu, 05 Agustus 2012

Cara Menyembunyikan Form Komentar di Halaman Blogspot

Cara Menyembunyikan Form Komentar di Halaman Blogspot - Posting kali ini membahas tentang bagaimana cara menyembunyikan form komentar yang berada di halaman single Blogspot. Namun, tutorial ini adalah tutorial pada halaman antar muka ( interface ) dashboard Blogger yang baru. 

Terkadang kita membuat sebuah Halaman single di Blogspot dengan tujuan untuk sebatas memberikan informasi dan tanpa mengharapkan respon dari si pembaca. Namun, seperti yang kita ketahui, terkadang banyak juga yang memberikan komentar di Halaman single Blogspot kita. Biasanya ini dilakukan para spammer untuk meninggalkan link-nya di Blog kita agar menghasilkan backlink bagi situsnya.

Langkah-langkah untuk menyembunyikan form komentar di halaman single Blogspot ini cukup mudah, silahkan lihat secara jelas pada tutorial yang disertai gambar di bawah ini :

1. Silakan masuk ke Dashboard Blogger anda ( Ingat ! Interface Blogger baru. ) Lalu buka panah yang berada di sisi sebelah kanan seperti pada screenshot di bawah ini :



2. Lalu pilih "Pages" jika interface anda menggunakan Bahasa Inggris, dan "Halaman" jika interface Blogger anda menggunakan Bahasa Indonesia.




3. Akan muncul daftar halaman single yang berada di blog anda. Silakan tentukan Halaman mana yang akan disembunyikan form komentarnya, lalu klik "Edit"


4. Lalu masuk ke "Page Settings" dan klik "Options"


5. Silakan sesuaikan setting-nya seperti dibawah ini. Lalu klik 'Done"


Penjelasan gambar diatas adalah :
- Jika anda menggunakan pilihan "Don't allow, show existing" maka berarti anda akan menyembunyikan form komentar, namun tetap menampilkan komentar yang sudah ada.

- Jika anda menggunakan pilihan "Don't allow, hide existing" maka berarti anda akan menyembunyikan form komentar, namun menyembunyikan komentar yang sudah ada.


Nah, sekarang form komentar yang berada di Halaman single Blogspot anda sudah tidak tampil lagi. Namun, setting diatas adalah setting menyembunyikan form komentar untuk satu Halaman saja, untuk halaman lain, anda tinggal mengikuti instruksi diatas mulai dari awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar